WISATA BENDUNGAN CILEUIS MENGGODA MATA



BENDUNGAN CILEUIS

     Bendungan cileuis bertempat desa cibeber blok cileuis kecamatan sukagumiwang kabupaten indramayu, bendungan ini saluran dari rentang majalengka menyalurkan kedua wilayah 

1. saluran ke cirebon gegesik.

2.saluran ke indramayu desebut saluran SINDROPRAJA

        Bendungan ini awal mula berdiri dibikin oleh para penjajah belanda, sekitar tahun 1960an dibangun dan disalurkan kedua wilayah, untuk mengairi pesawahan indramayu cirebon yang bigitu luas pertanian di kabupaten indramayu dan cirebon, dengan itu dibangun lah bendungan.

       irigasi Kawasan desa wisata semakin diminati di Kabupaten Indramayu. Karena dinilai dapat meningkatkan pendapatan asli desa (PAD). Namun, dalam perjalannya tak semudah yang dibayangkan. Butuh perencanaan matang dan terprogram agar dapat menciptakan kawasan desa wisata berbasis potensi lokal. Hal tersebut membutuhkan program studi banding ke desa-desa lainnya yang bisa menggali potensi lokal sebagai daya tarik wisata.

     “Di wilayah pertanian sangat sulit mengembangkan kawasan wisata. Ditambah Indramayu merupakan dataran rendah. Meski ada wilayah pesisir, tapi itu desa-desa yang letaknya memang berada di bibir pantai saja yang bisa dikembangkan. Bagi desa yang jauh dari pesisir, ya pertanian,” ujarnya.

          Kendati demikian, Pemdes Kalensari terus melakukan studi banding ke desa-desa luar Indramayu. Terutama desa-desa terpencil, tapi memiliki aset kawasan wisata yang bagus dan mampu menarik wisatawan. Sehingga dengan studi banding ke desa-desa luar Indramayu, diharapkan dapat mengembangkan potensi desa menjadi kawasan wisata. “Studi banding harus dilakukan oleh desa-desa di Indramayu yang hanya dikelilingi potensi pertanian, namun ingin menciptakan desa wisata,” ujar Sokani.

         Berbeda dengan Desa Cibeber, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu. Pemerintah Desa Cibeber saat ini sudah mulai mengonsep sebagian wilayahnya menjadi kawasan wisata air. Kelebihannya, Desa Cibeber terdapat bendungan Cileuis yang merupakan saluran sungai Sinduparaja yang luas dan lebar. Tak hanya mengonsep menjadi kawasan wisata air, namun akan menjadi bumi perkemahan.

       “Kita sudah mengonsep, tapi kita akan izin ke pihak-pihak terkait, mengenai pemanfaatan bendungan yang sangat bagus jadi kawasan wisata air dan akan ada bumi perkemahannya juga,” ujar Husni, salah satu pamong Desa Cibeber.

            Dengan seiringnya waktu bendungan ini bersepakat untuk dironovasi dari bentuk dulu kemoderen yang bisa menggoda mata pengunjung wisatawan yang mampu menikmati bendungan cileis ini, sehingga sekarang tepatnya tahun 2018 proses dibangunya bendungan cileius memakan waktu yang sangat panjang untuk mempercantik bendungan ini, sampai menghabiskan waktu sekitar satu tahun, dan menghabiskan dana jutaan untuk merubah bendungan cileius yang dulu sampai kekininan, sehingga awal tahun 2019 cilus di bentuk taman kecil bermain dan centre sport desa cibeber yang begitu megah dan indah, sehingga nyaman dan santai melihat dan bermain di bendungan cileuis ini. tidak mengecewakan pokoknya

             Ayu gaes jangan lewatkan jalan-jalan di desamu sendiri yang sudah nyaman indah sejuk pula, gak perlu habiskan waktu dan uang, cukup tengok kekanan kita sudah bisa nikmatin indahnya bendungan cileius di desa cibeber kecamatan sukagumiwang kabupaten indramayu 45274.
        

AUTHOR : IMUN MUNTAHA HILMI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WISATA BENDUNGAN CILEUIS MENGGODA MATA"

Post a Comment