Sebuah kunci keberhasilan Kepemimpinan (LEADERSHIP VITALITY)



LEADERSHIP VITALITY
*Oleh: Nurhaemin 

(Sebuah kunci keberhasilan Kepemimpinan)
Leadership vitality atau kekuatan kepemimpinan sangat berpengaruh sekali dalam penunjang efektifitas dabn efisiensi kinerjanya, vitalityas sendiri banyak dipengaruhi berbagai paktor circle link ( Jaringan Sekelilingnya ).


            Dalam wacana tentang kepemimpinan ( Leadership ) dalam kajian islam sudah ada sejak zaman rasulluluah SAW. Dalam salah satu hadits beliau bersabda :
“Setiap kalian adalah pemimpin dan akan diminta pertanggung jawabannya atas kepemimpinannya”. ( HR. Bukhori dan Muslim ).


            Begitu pula dalam pemimpin dalam konteks kenegaraan identik dengan kepala negara sebagai pemegang kekuasaan eksekutif terttinggi yang memiliki urgen dalam menciptakan tatanan masyarakat yang makmur dan adil. Abul A’la almaududi berpendapat bahgwa kepala negara sebagai ulil amri harus berasal dari orang-orang berilmu, sehat jasmani dan rohani memiliki kecerdasan dan kearifan serta berkemampuan intelektual.

            Seorang pemikir terkenal dari mazhab syafii yaitu Al Mawardi untuk menjadi seorang pemimpin diperlukan beberapa syarat kriteria antara lain :
1. Harus mempunyai sifat adil
2. Memiliki pengetahuan untuk memanage persoalan- persoalan yang terkait dengan kebangsaan dan kenegaraan
3. Sehat indra, seperti pendengaran penglihatan dan lisanya.
4. Sehat anggota badannya dari kekurangan
5. Memiliki visi dan misi yang jelas untuk memimpin dan memanage negara.
6. Punya keberanian dan kekuataan ( Power )

            Fakta sejarah mengatakan bahwa kepemimpinan yang sudah ada kebanyakan belum memenuhi kriteria ideal, karena pemilihan kepemimpinan masih banyak didominasi oleh landasan like and dislike ( suka dan tidak suka ) Bahkan sangat sering hanya didasarkan pada kepentingan sesaat yang semu. Tapi kadang nasi sudah menjadi bubur, fakta bicara lain lantas apa yang harus kita perbuat untuk menvcapai kepemimpinan ideal?

            Presiden Soekarno dalam pidatonya dengan judul “Jas Merah” (Jangan Suka Melupakan Sejarah), sebagai seorang yang berpikir jernih belioau mengatakan agar kita dalm berbagai sikap dan tindakan mampu mengambil pelajaran dari pengalaman. Karena pengalaman adalah guru terbaik, dan dalm pengalaman tidak harus dirasakan, pengalaman orang  lain pun bisa dijadikan dasar dalam mengambil pilihan dan kebijakan.

            Nah….Begitu pula dengan terpilihnya Ketua DEMA dan SEMA semoga apa yang di uraikan tadi te4rmasuk syarat ideal seorang pemimpin melekat pada orang yang telah terpilih.Amie…

            Mewakili segenap keluarga besar HIMASOS (Himpunan Mahasiswa Sosial) Mengucapkan selamat atasa terpilihnya Sdr Majdi dan Sdr syari Sebagai ketua DEMA dan Sdr, DIKI sebagai ketua SEMA Semoga dalam masa kerjanya membawa perubahan yang signifikan dan progresif menuju kampus yang unggul dalam setiap bidang, serta selalu diiringi dengan ridho ilahi.Amien….
Fasyaddu Azmakum lillah….

*Penulis: Mahasiswa ips A Smester IV



Sekilas pandang dalam jurusan Ips Ekonomi di Kampus tercinta nan hijau dalam menciptakan keprogresifan bagi penerus bangsa, terutama melewati pendidikan dengan peran dan basic masing-masing untuk berkompeten dalam wujud sumbangsi kemampuannya pada lingkungan civitas akademik maupun aplikasinya di masyarakat.

Kini khususnya pada jurusan ilmu pengetahuan sosial yang lebih mengkerucut dan penekanan sekarang  pada keprofesionalannya lebih diperjelas kestatusannya untuk mempublikasikan bahwa jurusan IPS berkonsentrasi pada pendidikan Ekonomi.

Sekedar warta ataupun kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa yang menempuh pendidikannya didalam program pendidikan ekonomi pada jurusan IPS yang dicetak sebagai insan yang berintelektual, kompeten, serta berjiwa ekonom tentunya dengan nilai keislaman serta keprofesionalan sebagaimana mestinya sebagai peran dan tugasnya bakal menjadi tenaga pengajar dan pendidik dibidangnya serta berbekal ilmu kewirausahaan dalam dunia global, karena dalam bidang studinya yang spesifik dan mempunyai mutu pendidikan yang berkualitas maka Ketua Jurusan IPS Ekonomi yaitu Bapak Nuryana, S.Ag, M.Pd mengulaskan visi dan misinya sebagai berikut:

Visi    :
Menjadikan program studi unggul pada tahun 2015 dalam menghasilkan sarjana pendidikan ekonomi yang islam, profesional dan mandiri pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Misi   : 
·         Mengembangkan kurikulum yang relevan
·         Meningkatkan kualitas layanan akademik
·         Mengembangkan kultur akademik yang islam
·         Menghasilkan tenaga pengajar yang memahami dan menguasai konsep-konsep ekonomi.
·         Menanamkan sikap ilmiah, professional, dan berkepribadian sebagai guru ekonomi berdasarkan nilai-nilai islam.
·         Menghasilkan guru ekonomi yang kompeten dan berwawasan entrepreneurship.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebuah kunci keberhasilan Kepemimpinan (LEADERSHIP VITALITY)"

Post a Comment