RESUME BUKU FILSAFAT ISLAM



RESUME BUKU FILSAFAT ISLAM
Dalam pembahasan kali ini kami segenenap kelompok pemakalah akan merevisi makalah yang telah kita bahas. Pada kesempatan yang lalu, kami telah membahas hakikat pendidikan, tujuan pendidikan, dan pendidikan secara arti luas dan sempit, serta butuhnya akan paradigma dalam pendidikan. Namun pada kesempatan yang itu kami belum bisa memaparkan tentang ontology, epistimologi, dan aksiologi. Maka pemakalah pada kesempatan ini akan sedikit menjelaskan apa itu ontology? apa itu epistimologi? dan apa itu aksiologi?.
 Pembahasan pertama yaitu ontology. Antologi adalah hakikat sesuatu, atau hakikat kebendaan, ini secara filsafat umum, atau ilmu yang mempelajari hakikat sesuatu di balik yang fisik atau sesudah yang fisik. Tapi kita kaitkan ontology secara filsafat pendidikan bukan filsafat umum, bahwasanya mengatakan antology adalah mencari suatu hakikat pendidikan itu sendiri, dan sekelompok yang ada di dalam pendidikan tersebut, bahwasanya hakikat pendidikan ini ingin mengetahui tentang kebenaran adanya pendidikan, mengapa? Karena pendidikan wahana untuk merubah seorang manusia menjadi kemanusiaan, itu lah pengertian ontology pada intinya. Ontology disini itu adalah sebagai hakikatnya suatu pendidikan, kita pasti mengetahui hakikat pendidikan, kami mengambil kutipan dari bapak aip syarifudin mengatakan bahwa hakikat pendidikan adalah seluruh hidup dan kehidupan itu adalah proses pendidikan. Itu lah pengertian ontology dalam pendidikan filsafat.
Pembahasan ke dua yaitu epistimologi. Epistimologi adalah membicarakan tentang hakikat pengetahuan. Pengetahuan disini kalau dilihat dari filsafat umum mengatakan bagaimana mendapatkan suatu pengetahuan dan norma berfikir seperti apa? Tapi kita lihat dari filsafat pendidikan menurut pemakalah bahwasanya epistimologi itu sama dengan pengetahuan namun kita kaitkan yang namanya pengetahuan pasti kita rasakan dan dapatkan dari berbagai hal, akan tetepi yang dominan mendapatkan suatu pengetahuan atau pemikiran logika, keterampilan itu kita dapatkan dalam lembaga pendidikan. Oleh karena itu pengetahuan adalah suatu pengalaman atau menemukan suatu yang baru yang dialami oleh sekelompok pendidikan khususnya, umumnya kepada setiap manusia dan filsafat pendidikan epistimologi ini adalah bagaimana caranya mendapatkan pengetahuan, bias dengan belajar didalam atau diluar pendidikan, diskusi dsb. Yang berkaiatn dengan pendidikan atau masih dibawah naungan pendidikan. Demikian lah pemaparan tentang epistimologi.


Berlanjut pada pembahasan ke tiga yaitu tentang aksiologi. Menurut filsafat umum aksiologi adalah nilai suatu pengetahuan, dalam hal ini aksiologi jika dikaitkan dengan filsafat pendidikan bahwa bagaimana pendidik atau sekelompok manusia harus hidup dan bertindak berdasarkan nilai yang dianggap benar dan baik dalam perspektif masyarakat, agama dan pendidikan. Pada dasarnya kiata selaku pelajar dituntut untuk bias memilah dan memilih ilmu pengetahuan yang ingin kita targetkan. Mengapa? Karena dengan adanya target bisa memacu kita lebih semanagat dalam mencapai ilmu yang kita harapkan. Agar supaya kita bias menjadi orang yang mempunyai etika dan estetika. Etika disini kita mencari suatu kesalahan dalam diri kita dan kita perbaiki dengan nilai etika yang kita dapat selama kita belajar. Intinya nilai guna dengan pengetahuan pendidikan itu seperti apa? Apakah kita sudah merasakan akan gunanya belajar? Pasti kita sudah rasakan, dan nilai guna pengetahuan itu adalah untuk mengubah etika kita. Itulah yang dimaksud dengan aksiologi atau nilai guna dalam mempelajari segala sesuatu pengetahuan.
Demikianlah penjelasanya yang dulu telah menerangkan tentang hakikat pendidikan adalah hidup dan seluruh kehdupan itu merupakan proses pendidikan. Adapun tujuannya yaitu untuk mengubah tingkah laku seseorang , dan ada juga pendidikan dalam arti luas yaitu hidup adalah pendidikan, dan pendidikan adalah kehidupan. Sedangkan pendidikan dalam arti sempit yaitu pendidikan yang identik dengan sekolah. Demikianlah pemaparan dari pemakalah hanya bisa seperti ini.















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RESUME BUKU FILSAFAT ISLAM"

Post a Comment