ILMU ADALAH CAHAYA



ILMU ADALAH CAHAYA
( Tiada ilmu kecuali belajar di waktu muda, dan tiada dewasa kecuali kesabaran di usia senja )


====================================================================


            Ilmu adalah cahaya, karena dengan cahaya yang benderang generasi mudah bisa melangkah tegap diantara sesamanya. Ilmu adalah perhiasan  karenanya dengan cahaya dan hiasannya, jiwa-jiwa akan berada dalam benderang. Menggenggam ilmu dan menjelmakan dalam hidup, niscaya kebahagiaan dalam genggaman. Siapa menaruh hatinya dalam ilmu, niscaya mereka akan mendapatkan kebahagiaan, kebanggaan, dan keagungan.

            Ilmu adalah ladang. Siapa yang menanam panenpun akan datang, sementara siapa yang membiarkan kegagalan pasti menjelang. Tiadalah sama antara ilmu dan kebodohan, karena ilmu mengangkat ahlinya di atas singgasana mulia, sedangkan kebodohan akan merendahkan pemiliknya kelembah nista ( sekalipun dia di atas segala mahluk  dalam harta dan kekuasaan ).

            Ilmu adalah binatang buruan, sedangkan tulisan adalah tali yang mengikatnya. Binatang buruan itu perlu diikat dengan tali-tali yang kuat. Sangat bodoh bila pemburu rusa lantas rusa itu dilepaskan begitu saja tanpa ikatan. Ilmu yang menyertai seseorang akan memberi manfaat kepadanya. Dialah wadah ilmu itu, bukan di peti tempat buku. Ilmu yang dipelajari di saat senja mudah dilupakan, sedangkan yang dipelajari di saat belia mudah di ingat. Tiada ilmu kecuali belajardi waktumuda, dan tiada dewasa kecuali kesabaran di usia senja.

            Andaikata sang guru membuka hati anak didik di saat belia, niscaya di hatinya ilmu bagai pahatan di atas batu. Orang bodoh sesungguhnya telah mati, sebelum dia mati jasad-jasad mereka telah terkubur, meski mereka belum terkubur, dan di hari kiamat nanti mereka tidak menemukan makna kebangkitan.

            Namun mereka yang rajin belajar akan meraih pengetahuan yang mengantarnya untuk menggapai cita mulia. Karena belajar, maka kesulitan berubah menjadi kemudahan, segala yang mahal berubah menjadi murah, segala urusan berubah menjadi baik, dan di setiap keadaan berubah menjadi bahagia. Bila seseorang tau lautan ilmu dan segenap manfaatnya, niscaya dia bangkit menuntutnya sekalipun dia sedang berada di atas cadas besar. Dengan ilmu maka dunia menjadi bercahaya, kegelapan yang berbahaya menjadi sirna, dan bumi kerontang menjadi tumbuhan nan hijau.

            Ilmu adalah kekayaan tersimpan, karena ilmu seseorang menjadi mulia diantara sesamanya, bukan karena moyang maupun keturunan dia menjadi mulia. Ilmuadalah ruh para hamba. Dengannya para hamba meraih kemuliaan-kemuliaan. Tanpa ilmu dan tatakrama, seorang hamba tak akan mampu menggapai keagungan semurna. Dengan ilmu, negara menjadi tertata, rizkipun mengalir buat para hamba. Dengan ilmu si belia menjadi mulia, diraih segala yang dicitakannya. Ilmu adalah senikmat-nikmatnya buah dipetik, sedangkan kebohongan adalah simpanan malapetaka. Dengan ilmu kekayaan dapat digapai, sedangkan dengan kebodohanlah intan berlian akan dihabisi.


                                                                        Penulis adalah mahasiswa IAIN Syekh Nurjati                                                                               Cirebon Jurusan IPS Semester V (Lima)
                                                                        dan aktivis sosial serta pemerhati di bidang
                                                                        sosial kemasyarakatan








Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "ILMU ADALAH CAHAYA"

  1. Tidak ada yang bisa mengalahkan dengan orang yang punya ilmu kecuali Ilahirobbi

    ReplyDelete