PENGERTIAN PSIKOLOGI BELAJAR
BAB I
PEMBAHASAN
A.PENGERTIAN PSIKOLOGI
Psikologi
(dari bahasa Yunani Kuno: psyche = jiwa dan logos = kata) dalam arti bebas
psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa/mental. Psikologi tidak
mempelajari jiwa/mental itu secara langsung karena sifatnya yang abstrak,
tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa/mental
tersebut yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatannya, sehingga
Psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah
laku dan proses mental
Secara harafiah (Syah, 1997 /
hal. 7) Berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari dua kata yaitu : psyche
dan logos. Psyche berarti jiwa dan logos berarti ilmu. Jadi, psikologi berarti
ilmu jiwa. William James (Syah, 1997/ hal. menganggap psikologi sebagai ilmu
pengetahuan tentang kehidupan mental. John B. Watson (Syah, 1997 / hal.8)
mengubah definisi psikologi menurut James menjadi ilmu pengetahuan tentang
tingkah laku (behaviour) organisme.
B.Definisi
Fsikologi Belajar Menurut Para Ahli
1.James O.Whittaker (Djamarah,
Syaiful Bahri,Psikologi Belajar,RinekaCipta;1999) Belajar adalah Proses dimana
tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman.
2.Winkel,belajar adalah aktivitas mental atau psikis, yang berlangsung dalam interaksiaktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman,ketrampilan, nilai dan sikap.
2.Winkel,belajar adalah aktivitas mental atau psikis, yang berlangsung dalam interaksiaktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman,ketrampilan, nilai dan sikap.
3.Cronchbach (Djamarah, Syaiful
Bahri,Psikologi Belajar;Rineka Cipta;1999)Belajar adalah suatu aktifitas yang
ditunjukkan oleh perubahan tingkah laku sebagaihasil dari pengalaman.
4.Howard L.Kingskey (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta;1999) Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan
4.Howard L.Kingskey (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta;1999) Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan
C.Manfaat
Mempelajari Psikologi Belajar
Bagi
seorang guru, yang tugas utamanya adalah mengajar, sangat penting memahami
psikologi belajar. kegiatan pembelajaran, termasuk pembelajaran pendidikan
agama Islam, sarat dengan muatan psikologis. mengabaikan aspek – aspek psikologis
dalam proses pembelajaran akan berakibat kegagalan, sehingga tujuan
pembelajaran tidak tercapai. Beberapa peran penting psikologi dalam proses
pembelajaran adalah :[1]
1.
memahami siswa sebagai pelajar, meliputi
perkembangannya, tabiat, kemampuan, kecerdasan, motivasi, minat, fisik,
pengalaman, kepribadian, dan lain-lain
2.
memahami prinsip – prinsip dan teori
pembelaaran
3.
memilih memetode – metode pembelajaran
dan pengajaran
4.
meetapkan tujuan pembelajaran dan
pengajaran
5.
menciptaka situasi pembelajaran dan
pengajaran yang kondusif
6.
memilih dan menetapkan isi pengajaran
7.
membantu peserta didik yang mengalami
kesulitan belajar
8.
memilih alat Bantu pembelajaran dan
pengajaran
9.
menilai hasil pembelajaran dan
pengajaran
10.
memahami dan mengembangkan kepribadian
dsan profesi guru
11.
membimbing perkembangan siswa
Tidak
dapat dipungkiri lagi, bahwa antara proses perkembangan dengan proses belajar
mengajar memiliki keterkaitan. Sehubungan dengan ini, setiap guru sekolah
selayaknya memahami seluruh proses dan perkembangan manusia, khususnya siswa.
Pengetahuan mengenai proses dan perkembangan dan segala aspeknya itu sangat
bermanfaat, antara lain :[2]
- guru dapat memberikan layanan dan bantuan dan
bimbingan yang tepat kepada siswa dengan pendekatan yang relefan denga
tingakat perkembangannya
- guru dapat mengantisipasi kemungkinan –
kemungkinan timbulnya kesulitan belajar siswa tertentu
- guru dapat memertimbangkan waktu yang tepat
dlam memulai aktifitas proses belajar mengajar bidang studi tertentu
- guru dapat menemukan dan menetapkan tujuan –
tujuan pengajaran sesuai dengan kemampuan psikologisnya
Dari
beberapa peranan psikologi belajar di atas, dapat kita khususkan sebagai
berikut :
a. psikologi
belajar memiliki peranan penting dalam membantu mempersiapkan guru atau calon
guru yang professional
b. pengetahuan
tentang psikologi belajar diharapkan mampu membantu memecahkan permasalahan
siswa dalam belajar
c. pengetahuan
tentang psikologi belajar memudahkan penerapan pengetahuan, pendekatan dan
komunikasi kepada anak didik
d. pengetahuan
tentang psikologi belajar membantu mencipatakan suasana edukatif dan efektif
Jika manfaat bagi mahasiswa
yaitu mahsiswa bias memberikan pendapat dan kritikan atas beberapa pengertian
dari berbagai para pandangan ahli psikologi.dan mahasiswa dapat mengetahui
tentang psiklologi belajar dengan secara luas itu manfat bagi mahasiswa itu
hanya sebagian kecil.
D.Perbedaan Psikologi Belajar Dengan Pendidikan
Arthur S. Reber (Syah, 1997 /
hal. 12) Psikologi pendidikan adalah sebuah subdisiplin ilmu psikologi yang
berkaitan dengan teori dan masalah kependidikan yang berguna dalam hal-hal
sebagai berikut
a. Penerapan prinsip-prinsip
belajar dalam kelas
b. Pengembangan dan pembaharuan
kurikulum
c. Ujian dan evaluasi bakat dan
kemampuan
d. Sosialisasi proses-proses dan
interaksi proses-proses tersebut dengan pendayagunaan ranah
kognitif
e. Penyenggaraan pendidikan keguruan
e. Penyenggaraan pendidikan keguruan
Barlow (Syah, 1997 / hal. 12)
Psikologi pendidikan adalah …… a body of knowledge grounded in psychological
research which provides a repertoire of resource to aid you in functioning more
effectively in teaching learning process. Psikologi pendidikan adalah sebuah
pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang menyediakan serangkaian
sumber-sumber untuk membantu anda melaksanakan tugas-tugas seorang guru dalam
proses belajar mengajar secara efektif.
Tardif (Syah, 1997 / hal. 13)
Psikologi pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan
penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.
Witherington (Buchori dalam Syah, 1997 / hal. 13) Psikologi pendidikan sebagai
“ A systematic study of process and factors involved in the education of human
being. Psikologi pendidikan adalah studi sistematis tentang proses-proses dan
faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia.
Jika dalam
psikologi belajar adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam
melakukan kegiatan pembelajaran.
6.Djamarah, Syaiful Bahri,Psikologi Belajar; Rineka
Cipta; 1999 Belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh
suatu perubahantingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam
interaksi denganlingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotor.
7.R. Gagne (Djamarah, Syaiful Bahri,Psikologi Belajar;
Rineka Cipta;1999) hal 22.Belajar adalah suatu proses untuk memperoleh motivasi
dalam pengetahuan,ketrampilan, kebiasaan dan tingkah laku.
8.Herbart (swiss) Belajar adalah suatu proses pengisian
jiwa dengan pengetahuan dan pengalamn yang sebanyak-banyaknya dengan melalui
hafaln.
9.Lester D. Crow and Alice Crow : Belajar adalah
acuquisitionof habits,knowledge and attitudes.Belajar adalah upaya-upaya untuk
memperolehkebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap.
E.Analisis Dari Pengertian
Psikologi
Pada
intinya dalam kali ini bahwasanya psikologi belajar adalah ilmu yang
mempelajari tingkah laku manusia atau behavior,dimana tingkah laku disini
perubahan-perubahan yang memberikan siswa itu lebih baik dari pada sebelumnya,olehkarna itu kami sebagai
mahasiswa/i harus mempelajari ilmu psikologi agar didalam diri kita yang msih
belum baik itu sebaiknya secara cepat hrus dirubah agar lebih baik lagi karna
tingkah laku yang baik itu adalah akhlak yang terpuji.
Psikologi
sudah pasti ilmu yang bisa dipengaruhi dan berubah olehkarnanya psikologi
banyak yang memberikan argument atau pengertian oleh para ahli psikologi,untuk
memberikan perbedaan dimana psikologi ini mempunyai arti yang luas,bukan hanya
mempelajari tingkah laku saja akan tetapi bisa mempelajari tentang kejiwaan
seseorang.
Adapun
manfaat ketika kita mempelajari ilmu psikologi adalah bisam memahami
karakteristik seseorang,dan kalo kita sebagi guru kita akan memahami
prinsip-prinsip dan teori pembelajaran,sehingga kita mampu untuk melakukan
pembelajaran kepada peserta didik,dikarenakan kita sudah memahami karakteristik
siswa/i tersebut
Perbedaan
dari psikologi dengan pendidikan adalah banyak perbedaan diantaranya psikologi
belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau dirubah melalui
praktek atau latihan itu menurut howard LK,Sedangkan psikologi pendidikan itu
sebuah subdisilin ilmu psikologi yang mempelajari tentang teori teori dan
masalah-masalah kependidikan yang berguna dalam hal pembelajran.jadi pada
intinya semua dalam kerangka ini memberikan perubahan kepada diri seseorang
agar seseorang bias berubah dengan yang lebih biak lagi bukanhanya perubahan
tubuh saja akan tetapi perubahan dalam diri seseorang tersebut.shingga dia itu
mampu untuk menjadi manusia yang sebenarnya.
.
DAFTAR PUSTAKA
Serenson,H.Psychologi And Education.new York-san franscisco
Toronto-landoda:Mc graw-Hill bookc ompany,1964
Piaget,jean, Psychologi And Education.london,sydnayauckland
toront:Hadder and staughton,1976
0 Response to "PENGERTIAN PSIKOLOGI BELAJAR"
Post a Comment