PENGERTIAN PSIKOLOGI BELAJAR


BAB I
PEMBAHASAN
A.PENGERTIAN PSIKOLOGI
Psikologi (dari bahasa Yunani Kuno: psyche = jiwa dan logos = kata) dalam arti bebas psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa/mental. Psikologi tidak mempelajari jiwa/mental itu secara langsung karena sifatnya yang abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa/mental tersebut yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatannya, sehingga Psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental
Secara harafiah (Syah, 1997 / hal. 7) Berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari dua kata yaitu : psyche dan logos. Psyche berarti jiwa dan logos berarti ilmu. Jadi, psikologi berarti ilmu jiwa. William James (Syah, 1997/ hal. menganggap psikologi sebagai ilmu pengetahuan tentang kehidupan mental. John B. Watson (Syah, 1997 / hal.8) mengubah definisi psikologi menurut James menjadi ilmu pengetahuan tentang tingkah laku (behaviour) organisme.
B.Definisi Fsikologi Belajar Menurut Para Ahli
1.James O.Whittaker (Djamarah, Syaiful Bahri,Psikologi Belajar,RinekaCipta;1999) Belajar adalah Proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman.

2.Winkel,belajar adalah aktivitas mental atau psikis, yang berlangsung dalam interaksiaktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman,ketrampilan, nilai dan sikap.
3.Cronchbach (Djamarah, Syaiful Bahri,Psikologi Belajar;Rineka Cipta;1999)Belajar adalah suatu aktifitas yang ditunjukkan oleh perubahan tingkah laku sebagaihasil dari pengalaman.

4.Howard L.Kingskey (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta;1999) Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan

C.Manfaat Mempelajari Psikologi Belajar
Bagi seorang guru, yang tugas utamanya adalah mengajar, sangat penting memahami psikologi belajar. kegiatan pembelajaran, termasuk pembelajaran pendidikan agama Islam, sarat dengan muatan psikologis. mengabaikan aspek – aspek psikologis dalam proses pembelajaran akan berakibat kegagalan, sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Beberapa peran penting psikologi dalam proses pembelajaran adalah :[1]
1.                                memahami siswa sebagai pelajar, meliputi perkembangannya, tabiat, kemampuan, kecerdasan, motivasi, minat, fisik, pengalaman, kepribadian, dan lain-lain
2.                                memahami prinsip – prinsip dan teori pembelaaran
3.                                memilih memetode – metode pembelajaran dan pengajaran
4.                                meetapkan tujuan pembelajaran dan pengajaran
5.                                menciptaka situasi pembelajaran dan pengajaran yang kondusif
6.                                memilih dan menetapkan isi pengajaran
7.                                membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar
8.                                memilih alat Bantu pembelajaran dan pengajaran
9.                                menilai hasil pembelajaran dan pengajaran
10.                            memahami dan mengembangkan kepribadian dsan profesi guru
11.                            membimbing perkembangan siswa
Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa antara proses perkembangan dengan proses belajar mengajar memiliki keterkaitan. Sehubungan dengan ini, setiap guru sekolah selayaknya memahami seluruh proses dan perkembangan manusia, khususnya siswa. Pengetahuan mengenai proses dan perkembangan dan segala aspeknya itu sangat bermanfaat, antara lain :[2]
    1. guru dapat memberikan layanan dan bantuan dan bimbingan yang tepat kepada siswa dengan pendekatan yang relefan denga tingakat perkembangannya
    2. guru dapat mengantisipasi kemungkinan – kemungkinan timbulnya kesulitan belajar siswa tertentu
    3. guru dapat memertimbangkan waktu yang tepat dlam memulai aktifitas proses belajar mengajar bidang studi tertentu
    4. guru dapat menemukan dan menetapkan tujuan – tujuan pengajaran sesuai dengan kemampuan psikologisnya

Dari beberapa peranan psikologi belajar di atas, dapat kita khususkan sebagai berikut :
a.       psikologi belajar memiliki peranan penting dalam membantu mempersiapkan guru atau calon guru yang professional
b.      pengetahuan tentang psikologi belajar diharapkan mampu membantu memecahkan permasalahan siswa dalam belajar
c.       pengetahuan tentang psikologi belajar memudahkan penerapan pengetahuan, pendekatan dan komunikasi kepada anak didik
d.      pengetahuan tentang psikologi belajar membantu mencipatakan suasana edukatif dan efektif
Jika manfaat bagi mahasiswa yaitu mahsiswa bias memberikan pendapat dan kritikan atas beberapa pengertian dari berbagai para pandangan ahli psikologi.dan mahasiswa dapat mengetahui tentang psiklologi belajar dengan secara luas itu manfat bagi mahasiswa itu hanya sebagian kecil.
D.Perbedaan Psikologi Belajar Dengan Pendidikan
Arthur S. Reber (Syah, 1997 / hal. 12) Psikologi pendidikan adalah sebuah subdisiplin ilmu psikologi yang berkaitan dengan teori dan masalah kependidikan yang berguna dalam hal-hal sebagai berikut
a. Penerapan prinsip-prinsip belajar dalam kelas
b. Pengembangan dan pembaharuan kurikulum
c. Ujian dan evaluasi bakat dan kemampuan
d. Sosialisasi proses-proses dan interaksi proses-proses tersebut dengan pendayagunaan ranah
kognitif
e. Penyenggaraan pendidikan keguruan
Barlow (Syah, 1997 / hal. 12) Psikologi pendidikan adalah …… a body of knowledge grounded in psychological research which provides a repertoire of resource to aid you in functioning more effectively in teaching learning process. Psikologi pendidikan adalah sebuah pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu anda melaksanakan tugas-tugas seorang guru dalam proses belajar mengajar secara efektif.
Tardif (Syah, 1997 / hal. 13) Psikologi pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan. Witherington (Buchori dalam Syah, 1997 / hal. 13) Psikologi pendidikan sebagai “ A systematic study of process and factors involved in the education of human being. Psikologi pendidikan adalah studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia.
Jika dalam psikologi belajar adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
6.Djamarah, Syaiful Bahri,Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999 Belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahantingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi denganlingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotor.
7.R. Gagne (Djamarah, Syaiful Bahri,Psikologi Belajar; Rineka Cipta;1999) hal 22.Belajar adalah suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan,ketrampilan, kebiasaan dan tingkah laku.
8.Herbart (swiss) Belajar adalah suatu proses pengisian jiwa dengan pengetahuan dan pengalamn yang sebanyak-banyaknya dengan melalui hafaln.
9.Lester D. Crow and Alice Crow : Belajar adalah acuquisitionof habits,knowledge and attitudes.Belajar adalah upaya-upaya untuk memperolehkebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap.


E.Analisis Dari Pengertian Psikologi
Pada intinya dalam kali ini bahwasanya psikologi belajar adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia atau behavior,dimana tingkah laku disini perubahan-perubahan yang memberikan siswa itu lebih baik dari pada  sebelumnya,olehkarna itu kami sebagai mahasiswa/i harus mempelajari ilmu psikologi agar didalam diri kita yang msih belum baik itu sebaiknya secara cepat hrus dirubah agar lebih baik lagi karna tingkah laku yang baik itu adalah akhlak yang terpuji.
Psikologi sudah pasti ilmu yang bisa dipengaruhi dan berubah olehkarnanya psikologi banyak yang memberikan argument atau pengertian oleh para ahli psikologi,untuk memberikan perbedaan dimana psikologi ini mempunyai arti yang luas,bukan hanya mempelajari tingkah laku saja akan tetapi bisa mempelajari tentang kejiwaan seseorang.
Adapun manfaat ketika kita mempelajari ilmu psikologi adalah bisam memahami karakteristik seseorang,dan kalo kita sebagi guru kita akan memahami prinsip-prinsip dan teori pembelajaran,sehingga kita mampu untuk melakukan pembelajaran kepada peserta didik,dikarenakan kita sudah memahami karakteristik siswa/i tersebut
Perbedaan dari psikologi dengan pendidikan adalah banyak perbedaan diantaranya psikologi belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau dirubah melalui praktek atau latihan itu menurut howard LK,Sedangkan psikologi pendidikan itu sebuah subdisilin ilmu psikologi yang mempelajari tentang teori teori dan masalah-masalah kependidikan yang berguna dalam hal pembelajran.jadi pada intinya semua dalam kerangka ini memberikan perubahan kepada diri seseorang agar seseorang bias berubah dengan yang lebih biak lagi bukanhanya perubahan tubuh saja akan tetapi perubahan dalam diri seseorang tersebut.shingga dia itu mampu untuk menjadi manusia yang sebenarnya.
.




DAFTAR PUSTAKA
Serenson,H.Psychologi And Education.new York-san franscisco Toronto-landoda:Mc graw-Hill bookc ompany,1964
Piaget,jean, Psychologi And Education.london,sydnayauckland toront:Hadder and staughton,1976




[1] Ibid,….hal.13
[2] Muhibbi Syah,M.Ed., Psikologi Belajay, (Jakarta, LOGOS cahaya Ilmu ), hal.46

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGERTIAN PSIKOLOGI BELAJAR"

Post a Comment