RENCANA PEMBELAJARAN AL QURAN HADITS
RENCANA
PEMBELAJARAN AL QURAN HADITS
Satuan
Pendidikan : MTs As-Syifa Wal’ain Bondan
Mata
Pelajaran : Al Qur’an Hadis
Kelas/Semester
: VII/II
Materi
: Hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S.
al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek
pilihan
Alokasi
Waktu : 4 x 40 menit (2 x Tatap Muka)
A. KOMPETENSI
INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
B. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Meyakini
pentingnya hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun
(109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
1.2 Menyadari pentingnya sikap tasamuh
1.3 Meyakini pentingnya sikap optimis dan istiqamah
dalam berdakwah
2.1 Memiliki
sikap tasamuh sesuai isi kandungan Q.S. al- Kafirun
(109), Q.S. al-Bayyinah (98), dan hadis tentang toleransi dalam kehidupan
sehari-hari
2.2 Terbiasa
menerapkan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun
(109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
2.3 Memiliki sikap optimis dan istiqamah
dalam berdakwah sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110)
dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Memahami ketentuan hukum bacaan
Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun (109), dan Al-Qur’an
surah-surah pendek pilihan
4.1 Mempraktikkan
hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun (109), dan
Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
C. INDIKATOR
1. Menyebutkan arti hukum
bacaan Qalqalah
2. Menjelaskan ciri-ciri hukum
bacaan Qalqalah
3. Mendiskripsikan cara
membunyikan hukum bacaan Qalqalah
4. Mengidentifikasi hukum
bacaan Qalqalah
5. Menyimpulkan cara membaca
bacaan Qolqolah
6. Mempraktekan bacaan
Qolqolah
D. TUJUAN
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengasosi dan mnegkomunikasikan diharapkan peserta didik mampu membaca, menjelaskan,
mendeskripsikan, mengidentifikasi, menyimpulkan dan mempraktekan bacaan
qolqolah.
E. MATERI
POKOK
1. Hukum
bacaan Qalqalah dalam Q.S.
al-Bayyinah(98), al- al- Kafirun (109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek
pilihan
F. PENDEKATAN DAN METODE
PEMBELAJARAN
1. Scientific Method (Metode
Ilmiah)
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
·
Pendahuluan
1. Guru mengucapkan salam dan
berdoa bersama
2. Guru memeriksa kehadiran,
kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
4. Guru mempersiapkan
media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau menggunakan multimedia
berbasis ICT atau media lainnya
5. Untuk menguasai kompetensi
ini salah satu model pembelajaran yang cocok di antaranya model direct instruction (model pengajaran
langsung) yang termasuk ke dalam rumpun model
sistem perilaku (the behavioral system family of
model). Direct instruction diartikan sebagai instruksi
langsung; dikenal juga dengan
active learning atau
whole-class teaching mengacu kepada gaya mengajar
pendidik yang mengusung
isi pelajaran kepada peserta didik dengan mengajarkan memberikan koreksi,
dan memberikan penguatan secara langsung pula. Model ini dipadukan dengan model
artikulasi (membuat/mencari pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap
peserta didik)
·
Kegiatan
Inti
Mengamati
-
Mengamati
penggalan ayat yang mengandung hukum bacaan qalqalah
-
Menyimak bacaan ayat
yang mengandung hokum bacaan qalqalah dengan baik dan benar
Menanya
-
Dengan
dimotivasi oleh guru, peserta didik mengajukan pertanyaan atau pernyataan yang
terkait dengan hukum bacaan qalqalah
-
Secara
berpasangan saling bertanya tentang bacaan qalqalah
Mengeksplorasi
-
Secara
kelompok menggali informasi tentang pengertian hukum bacaan qalqalah, ketentuan
hukum bacaan qalqalah dari berbagai sumber; buku literatur, jurnal,
ensiklopedi, media elektronik maupun cetak
-
Mencari
contoh-contoh hukum bacaan qalqalah yang ada dalam Al-Qur’an, khususnya Q.S.
al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah
Mengasosiasi
-
Mendiskusikan
dan merumuskan hasil pencarian informasi tentang hukum bacaan qalqalah
-
Mengidentifikasi
hukum bacaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun, QS. al-Bayyinah, dan
Surah lainnya dalam Al-Qur’an.
-
Menyusun
kesimpulan hasil diskusi dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasi
-
Mempresentasikan
hokum bancaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun, QS. al-Bayyinah, dan
Surah lainnya dalam Al-Qur’an
-
Menunjukkan
contoh hukum bacaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun, QS. al-Bayyinah,
dan Surah lainnya dalam Al-Qur’an
·
Penutup
1. Guru
bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
2. Guru melakukan penilain
atau refleksi terhadap yang sudah dilaksanakan secara konsistem dan terprogram
3. Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
4.
Guru merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/ atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar siswa
5. Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. MEDIA/ALAT DAN SUMBER
BELAJAR
1. Media
: Papan tulis, Laptop, LCD, Slide Powerpoint
2. Alat/Bahan : Gambar/tulisan Kertas
3. Sumber Belajar : Buku Paket
I. PENILAIAN
1. Pengamatan Sikap
a. Format Penilaian Individu
No
|
Nama Siswa
|
Aktifitas
|
Skor
Skor
|
||||||||||||||||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Kepedulian dan Kesantunan
|
Inisiatif
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
b.
Rubrik Penilaian
No
|
Indikator Penilaian
|
Skor
|
|
1
|
Kerjasama
|
Belum
memperlihatkan kerjasama dengan teman satu kelompok
|
1
|
Mulai
memperlihatkan kerjasama dengan teman satu kelompok
|
2
|
||
Mulai
berkembang kerjasama dengan teman satu kelompok
|
3
|
||
Mulai
membudayakan kerjasama dengan teman satu kelompok
|
4
|
||
2
|
Keatifan
|
Belum
memperlihatkan Keatifan dengan teman satu kelompok
|
1
|
Mulai
memperlihatkan Keatifan dengan teman satu kelompok
|
2
|
||
Mulai
berkembang Keatifan dengan teman satu kelompok
|
3
|
||
Mulai
membudayakan Keatifan dengan teman satu kelompok
|
4
|
||
3
|
Kepedulian dan kesantunan
|
Tidak mau menghargai pendapat orang lain dan menyampaikan
pendapatnya dengan bahasa yang kurang santun
|
1
|
Kurang
dapat menghargai pendapat orang
lain dan kurang santun
|
2
|
||
Menghargai orang lain namun kurang santun dalam
menanggapi pendapat
|
3
|
||
Menghargai orang lain dan menanggapi pendapat
dengan santun
|
4
|
||
4
|
Inisiatif
|
Belum
memperlihatkan inisiatif
|
1
|
Mulai
memperlihatkan inisiatif
|
2
|
||
Mulai
berkembang inisiatif
|
3
|
||
Mulai
membudayakan inisiatif
|
4
|
NIlai Akhir =Jumlah
skorperolehan x 100
Jumlah skor maksimum
|
2. Format Penilaian “kembangkan
pikiranmu” (Berdiskusi – Menemukan Peristiwa)
a. Format Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak
|
||||
1
|
2
|
3
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
b.
Aspek Penilaian
No
|
Indikator Penilaian
|
Skor
|
|
1
|
Fashohah
|
Melafalkan
ayat dengan sangat lancar
|
30
|
Melafalkan
ayat dengan lancar
|
20
|
||
Melafalkan
beberapa ayat kurang lancar
|
10
|
||
2
|
Tajwid
|
Membaca
ayat –ayat Al Quran sesuai dengan tajwid
|
30
|
Beberapa
potongan ayat dibaca tidak sesuai dengan tajwid
|
20
|
||
Banyak
hukum bacaan tajwid yang tidak digunakan
|
10
|
||
3
|
Hafidz
|
Menghafalkan
terjemahan ayat dengan sangat lancar
|
30
|
Menghafalkan
terjemahan ayat dengan lancar
|
20
|
||
Menghafalkan
terjemahan ayat beberapa ayat kurang lancar
|
10
|
NIlai
Akhir =Jumlah skorperolehan x 100
Jumlah
skor maksimum
|
3.
Format Penilaian Berlatihlah
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak
|
||||
1
|
2
|
3
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
b. Aspek
dan rubrik penilaian kelompok:
No
|
Indikator Penilaian
|
Skor
|
|
1
|
Kedislipinan
|
Tepat
waktu dalam penyerahan tugas
|
26-30
|
Terlambat
dalam penyerahan tugas
|
10-25
|
||
2
|
Antusiasme
|
Sangat
antusias mengerjakan tugas
|
26-30
|
Biasa
saja dalam mengerjakan tugas
|
16-25
|
||
Enggan
dalam melaksanakan tugas
|
10-15
|
||
3
|
Kejelasan dan kerapihan
hasil tugas
|
Hasil tugas yang diserahkan sangat rapi dan jelas
|
31-40
|
Hasil tugas yang diserahkan cukup dan jelas
|
21-30
|
||
Hasil tugas yang diserahkan tidak rapi dan asal-asalan
|
10-20
|
NIlai
Akhir =Jumlah skorperolehan x 100
Jumlah
skor maksimum
|
=
I. REMEDIAL
Siswa yang belum mencapai
ketuntasan belajar diberikan kesempatan untuk
memperbaikinya sesuai dengan indikator pembelajaran yang belum
tercapai baik dengan cara diberikan tugas atau dengan mengulang tes. Jika
didapati banyak siswa yang belum
mencapai ketuntasan belajar maka guru wajib memberikan pembelajaran ulang
sesuai dengan indikator yang belum tercapai
oleh kebanyakan siswa
(remedial teaching)selanjutnya guru melakukan
penilaian kembali dengan
indikator soal yang sejenis. Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan hari
tertentu atas kesepakataan antara siswa dan
guru.
J. INTERAKSI GURU DAN ORANG TUA
Guru meminta
siswa memperlihatkan lembar
penilaian kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Cara lainnya
dapat juga dengan mengunakan buku penghubung kepada orang
tua yang berisi tentang nilai pengetahuan
dan sikap perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.
Mengetahui,
Kepala
Madrasah
Dzikrullah,
M.Ag.
|
Bondan,
…………………2015
Guru
Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis
Mashadi,
M.Ag
|
0 Response to "RENCANA PEMBELAJARAN AL QURAN HADITS"
Post a Comment